Mengenai Saya

Foto saya
Q sklah di SMPN 3 Jember, q skrng klas 1. Q anak ke-2 dr 2 bersaudara. Q anknx humorist kadg q baik kdg jaht, he...3x. Q sk ngeband n hal2 yg berbau musik. Q syng 5 keluargaq n Allah (tuhanq), Agama q islam, Q lahr tanggal 23 nopember 1995 di Jember. n banyk lagi dechhh...

Kamis, 12 Maret 2009

Kotaku Jember

Kabupaten Jember

Jember adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Jember. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Lumajang di barat. Kabupaten Jember terdiri atas 31 kecamatan. Kota Jember dahulu merupakan kota administratif, namun sejak tahun 2001 istilah kota administratif dihapus, sehingga Kota Administratif Jember kembali menjadi bagian dari Kabupaten Jember. Jember merupakan pusat regional di kawasan timur tapal kuda, di kota ini terdapat perguruan tinggi negeri Universitas Jember.

Geografi

Bagian selatan wilayah Kabupaten Jember adalah dataran rendah dengan titik terluarnya adalah pulau Nusa Barong. Pada kawasan ini terdapat Taman Nasional Meru Betiri yang berbatasan dengan wilayah administratif kabupaten Banyuwangi. Bagian barat laut (berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo adalah pegunungan, bagian dari Pegunungan Iyang, dengan puncaknya Gunung Argopuro (3.088 m). Bagian timur merupakan bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Ijen.

Penduduk

Mayoritas penduduk Kabupaten Jember terdiri atas Suku Jawa dan Suku Madura, yang sebagian besar beragama Islam dan Kristen. Penduduk minoritas diantaranya Tionghoa dan Suku Osing. Di bagian utara, Suku Madura cukup dominan dan di sejumlah tempat merupakan mayoritas. Kebanyakan dari mereka tidak berbahasa Jawa tetapi berbahasa Madura. Namun tidak demikian bagi suku Madura yang tinggal di Jember bagian utara misalnya di Kecamatan Sukowono, Sumberjambe, Jelbuk, Arjasa, Panti, Sukorambi, Bangsal, Tanggul yang berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso.Suku Jawa dominan di Kecamatan Wuluhan, Gumukmas, Ambulu, Balung, Kencong dan Puger semboro di daerah ini bahasa tiap-tiap hari mereka adalah bahasa Jawa.

Rupa-rupa

  • Klub Sepak Bola Jember Persid (laskar Macan Sangar)Stadion Notohadinegoro pendukung Persidmania
  • Makanan khas Jember adalah tape dan suwar-suwir.
  • Masakan khas adalah Ayam pedas Jember
  • Selain dikenal sebagai daerah tapal kuda, Jember dikenal juga dengan sebutan daerah 1.000 gumuk karena memiliki setidaknya 1.666 bukit yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Jember.

Tempat Wisata

Di daerah kabupaten jember juga terdapat banyak tempat wisata, diantaranya ada wisata Pantai Watu Ulo di terletak sekitar 25 Km dari kecamatan anbulu dan pada saat hari-hari libur biasanya banyak anak-anak muda yang pergi kesana untuk berlibur atau refresing dan tidak hanya anak muda tapi pada saat hari-hari besar apalagi pada waktu hari raya besar mereka biasanya pergi kesana bersam-sama dengan keluarga mereka masing-masing, Pantai Puger yang terletek 15 Km dari kecamatan ambulu ditempat wisata ini juga banyak dikunjungi oleh banyak orang dan paling banyak adalah anak-anak muda untuh menghibur diri. Jika ada orang tua yang pergi kesitu mereka biasanya untuk mencari ikan karena di dekat pantai ini ada banyak perahu nelayan yang singgah disitu.Di daerah kecamatan tanggul juga terdapat tenpat wisata yaitu Pemandian Patemon. Di pemndian patemon udaranya sangt sejuk karena terletak di daerah pegunungan dan air yang mengalir di pemandian tersebut adalah air yang berasal dari sumber mata air pegunungan jadi airnya sangat dingin.pada hari-hari libur khususnya hari minggu dan pada waktu hari raya banyak orang berkunjung ke situ mulai dari anak-anak, anak muda, sampai pada orang tua apalagi sekarang tempatnya yang semakin menarik di tambah wahana waterboom dan juga di tambah satu kolam renang lagi dan tempat-tempat yang ada di sekitar kolam renang telah diperbaiki sehingga semakin menarik untuk dikunjungi.Di daerah Sukorambi juga terdapat Taman Botani yang dibuka tahun 2007.

Pendidikan

Kota Jember memiliki perguruan tinggi negeri Universitas Negeri Jember dan Politeknik Negeri Jember. Selain itu terdapat beberapa perguruan tinggi yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Islam Jember, Universitas Moch. Seroedji, IKIP PGRI, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala. PPKIA (Pusat Pendidikan Komputer Indonesia Amerika) salah satu lembaga pendidikan luar sekolah, ada juga (PIKMI) pusat pendidkan progarm satu tahun yang berbasis komputer, (MAGISTRA UTAMA).

Administrasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar